Memasang widget atau banner wordpress (alternatif Pemula)

Daripada bengong nih, saya coba posting sesuatu kembali diblog ini, siapa tahu aja bermanfaat. Ini adalah tentang cara membuat atau memasang widget diwordpress. Kebetulan kemarin ada klien “jasa Pembuatan Website” yang betul-betul gaptek soal website,jadi saya buatkan dia contohnya.Masalahnya terlebih karna klien yang kami buatkan website tersebut betul-betul pemula, bahkan untuk memasang widget wordpress saja dia masih perlu dituntun lagi :). Wajar saja namanya juga pemula.

Maka untuk membantu klien kita ini dan memudahkannya agar bisa membuat widget banner disamping (widget) blognya , maka alternatif berikut adalah solusinya.

Memasang widget atau banner wordpress berikut adalah basi bagi yang sudah tahu, kami harap anda memaklumi kami yang sedang belajar ini. Yang sudah pintar dilarang masuk !…

Oke langsung saja, tanpa basa basi berikut cara membuat banner widget dalam bentuk teks ataupun gambar di wordpress (full screenshoot). Cekidot…………….

Mengenal Widget WordPress

Pertama, yaitu menemukan halaman widget, dari dasboard WP sorot kemenu “tampilan yang terletak disebelah kiri seperti gambar dibawah ini, lalu Pilih (klik) Widget.
HALAMAN WIDGET dapat ditemukan di Menu TAMPILAN > WIDGET
Maka akan tampillah halaman dapur dari widget. Disana anda akan menemukan 2 komponen. Yang sebelah kiri kita sebut sebagai sumber dan yang sebelah kanan adalah widgetnya. Pada komponen sebelah kiri anda akan menemukan banyak sumber yang dapat dimanfaatkan untuk menciptakan widget. Seperti digambar dibawah ini, menunjukkan bahwa untuk mengaktifkan widget (Tampil di website), kita perlu menarik komponen dari sebelah kiri kekanan.
2 Komponen Widget WordPress, Kiri sebagai sumber dan kanan adalah widget itu sendiri.
Mungkin saya tidak akan dapat menjelaskan semua satu persatu, jadi silahkan dieksperimenkan sendiri. Misalnaya anda ingin menambhkan list kategori, maka cara mudahnya adalah menarik kotak “kategori” yang terletak disebelah kiri ke sebelah kanan atau kekanan bawah (footer)jika anda ingin meletakkannya dibawah kaki halaman web anda. Ingat, ini tergantung apakah thema yang anda gunakan mendukung widget dimaksud atau tidak.

Menambahkan WIDGET GAMBAR BANNER

Untuk menampilakn sesuatu diwidget baik itu teks maupun dalam bentuk foto-foto atau bannerkita dapat mengfungsikan komponen “Teks” yang berada dikomponen sebelah kiri halaman widget. Peratikan gambar dibawah ini.
KOtak “teks” ditarik kekanan.
Contoh setelah menarik kotak teks tersebut, kita isi dengan sembarang saja dulu.
Judul = Widget kanan
Isi = Isi Widget
Maka tampilannya kira-kira, tereret-teret…seperti berikut:

Bagi yang kesulitan membuat widget, ini caranya.

Buat tulisan baru (Tulisan > Tambah Baru). Buat judul sembarang saja, dan biarkan isinya kosong. lalu  upload foto yang akan dijadikan banner foto widget kedalam tulisan tersebut
Seperti gambar diatas, setelah gambar selesai diupload kedalam tulisan. Coba cari dan klik “text” yang terletak dikanan atas editor tulisan(lihat gambar 1).
Jika benar, maka anda akan menemukan kode sourcenya sepertigambar dibawah ini. Selanjutnya Copy semua file dalam kotak editor tulisan tersebut dan simpan tulisan ini sebagai konsep saja (perhatikan gmar dibawah ini.
 Langkah berikutnya adalah menempelkan kode yang kita salin tersebut ke halaman widget. Perhatikan gambar dibawah ini
Tuliskan Judul bisa juga dikosongkan. dibawahnya adalah tempat anda menempelkan kode source yang tadi dicopy (perhatikan gambar diatas). Pada contoh diatas, maka berikut hasilnya.
jhouhartz.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s